Maafkan ya karena sudah agak lama belum menulis lagi, karena saya sedang fokus untuk 3 project nulis offline yang sedang diikuti. Bila lancar akan ada kejutan soalnya, hehehehe, doakan agar lancar ya sahabat.
Seperti yang sudah sering saya sebut sebelumnya, kalau penulis mengenal dunia parenting ini karena orang-orang hebat di sekitar saya. Nah, semenjak putri pertama saya sekolah bertambah-lah juga pengetahuan ini.
Gambar: dok pribadi (my star) |
Buat yang sudah tahu Alhamdulillah, buat yang belum yuk, simak ulasan saya berikut ini ya,
Ternyata menurut Depdiknas tahun 2004, menggambar dan melukis itu memiliki tahapan-tahapan dan sesuai dengan perkembangan anak.
Tahap 1:
Tahap di mana anak-anak mulai mencoret-coret acak, coretan selalu berhubungan, dan krayon atau alat menggambar seakan-akan tidak akan lepas dari tangan anak.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 2, coretan anak sudah mulai terarah. Tanda-tanda seperti titik-titik atau garis-garis sering diulang-ulang, biasanya juga bentuk lonjong sering muncul tapi belum berhubungan gambarnya.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Penambahan pada bentuk-bentuk lonjong; yang sering ditambahkan garis-garis dan titik-titik; biasanya garis-garis menyebar dari bentuk lonjong dan titik-titik di dalam bentuk lonjong.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Mulai muncul "kepala besar', titik-titik dan garis-garis dalam bentuk lonjong menyerupai wajah dan mengambang di atas kertas.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 5:
Gambar "kepala besar" dengan kaki mengambang di atas kertas.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Gambar "kepala besar" dengan kaki dan bagian-bagian badan lainnya, khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf mengambang seperti garis-garis.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
"Kepala Besar" dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Temannya Bintang usia 5 tahun) |
"Kepala Besar" dengan bentuk batang tertutup sebagai badan, bentuk batang berisi sebagai badan, atau bentuk batang segitiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 9 bulan) |
Gambar rumah sederhana, lalu gambar menyerupai wajah, objek-objek sederhana lainnya seperti kupu-kupu dan bunga-bunga. Posisi gambar juga masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 11 bulan) |
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 5 tahun) |
Bagian paling bawah kertas digunakan sebagai garis dasar dan gambar-gambar objek yang bisa dikenali ditempatkan di situ. Objek-objek ditempatkan secara tepat di langit dan di darat. Intinya anak sudah mulai paham tentang area dalam menggambar.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Dalam menggambar, anak-anak sudah mulai memberikan batasan atau area-area secara tepat dalam gambarnya, contoh: rumah sudah berada di atas tanah. Namun ukuran objek-objek masih belum tepat, misal orang lebih besar daripada rumah atau pintu rumahnya.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Di tahapan ini anak mulai sadar dengan dua dimensi yaitu ada darat dan udara. Sehingga mereka sudah menempatkan obyek sesuai tempatnya dan ukuran obyeknya pun sudah proporsional.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Anak-anak saya ketika kecil suka menggambar. Dari dinding dan sembarang buku. Tapi saya tidak begitu paham ternyata ada tahap-tahapnya seperti ini ya.
ReplyDeleteIya Bun, saya pun juga baru mengetahui hal ini ketika mengikuti pelatihan parenting di sekolah putri saya. Ternyata menggambar, melukis, bermain balok, dan menulis ada tahapan-tahapan perkembangannya (n_n). Mungkin saya akan membahas hal tersebut di lain waktu
DeleteMasyaallah.. detil sekali. Sepertinya anak sulung ku sudah ditahap 9 mba, kalo si adek masih tahap 1, hihi ^^
ReplyDeleteSama Bun, putra saya yang kedua juga masih tahap 1 nih hehehe
DeleteSaya juga pernah dpt ingormasi seperti ini bund. Di tabung aja dulu ilmunya utk nanti jika punya anak. hehe
ReplyDeleteSiap mba. Semoga bermanfaat ya mba ☺👍
Deletewah baru tahu mbak, kalo ternyata menggambar ada tahapannya dan ada identifikasinya. Aku dah sampai tahap mana ya? hehehehe...tp aku perhatikan anak kedua ku juga bentuk gambarnya mulai berbentuk sesuai perkembangan usianya
ReplyDeleteSaya pun awalnya hanya mengira bakat Bun... Eh setelah ikut training parenting di sekolah anak jadi ikut memperhatikan kalau ini juga bagian dari perkembangannya (n_n)
DeleteSaya termasuk yg mengamati perkembangan coretan Lubna sejak PAUD umur 3 tahun sampai sekarang jelang 10 tahun. Dari mulai ngasih warna ga karuan, sampai akhirnya bisa gradasi warna. Tapi tetap saja dia punya ciri khas, gambarannya gak pernah raprapi hehehhhee
ReplyDeleteMantap Bun... Saya pun akhirnya mengamati, mengoleksi, dan mengabadikan gambar-gambar bocil2 nih 😉... Ternyata mengasikan hehehehe
DeleteAku gambar di muka terus ini mba
ReplyDeleteSecara aku tukang rias :)
Makasiy sharenya ya mba
Wah boleh mba... Next diajarin ya hehehehe... Simple tapi manis dan cantik 😁
DeleteYang suka menggambar di rumah adalah si sulung. Zaman dia kecil, tembok penuh sama gambarnya...haha. Beda sama yang bungsu sekarang ini, Mbak. Dia tdak seantusias kakaknya...
ReplyDeleteAnak-anak memang uniknya masing-masing ya Bun?
DeleteTetapi semua pasti unggul dalam keahliannya masing-masing ☺❤
Saya tahapan no 11 sih bunda. Bisa nggambar tapi, enggak sesuai dengan ukuran obyek yang sebenarnya, hehe. 😁
ReplyDeleteMasih keren Bun... Saya sudah menyerah atau mengibarkan bendera putih sajalah kalau menggambar 😑
DeleteAlhamdulillah... Anak saya yang paling kecil kalo dilihat dari hasil gambarnya sudah mencapai tahap 12. Btw... Saya baru tahu...ternyata tahapannya sampai ada 12 begini. Heheh.. Thanks for sharing Mbak😊
ReplyDeleteMantap Bun 😉.... Iya Bun saya pun baru mengetahui kok
DeleteKarena memperhatikan perkembangan anak menjadi menarik sekarang 😊
Ya ampuun, lihat ini jadi pengen ajarin si kecil gambar. Gemass sekali daku mbaa
ReplyDeleteSilakan Bun distimulus dengan baik kemampuan ini Bun, namun tetap memperhatikan ketertarikan anak juga ya Bun
DeleteJangan sampai anak-anak terkesan mendapatkan paksaan karena kita over stimulus juga ya ❤☺
Tadinya saya juga mengira pintar menggambar itu bakat, ternyata ndak ya. saya juga baru tahu nih ternyata menggambar merupakan salah satu tahap perkembangan anak ya. Jadi mau dukung si kecilku untuk belajar menggambar sejak dini deh. Btw gambarnya Bintang bagus2 deh. :)
ReplyDeleteSaya pun begitu Bun. Jadi dulu saya selalu iri dengan teman-teman yang jago menggambar itu, namun setelah mengetahui jadi pengen mengasah juga namun sekali lagi minat dan komitmen saya masih belum maksimal jadi belum ada peningkatan 😅
DeleteAlhamdulillah putri saya sudah berada di tahapan usia perkembangannya Bun ☺
Jujur nih bun kalo saya masih tahap 10. Saking daridulu saya selalu bilang ga bisa gambar ehh sampe sekarang Alhamdulillah emang benern jadi ga bisa wkwkw suka kadang malu sendiri dulu pas psikotest kerja suruh gambar, liat peserta lain bagus-bagus saya kok kayak anak TK hehe
ReplyDeleteMasih keren Bun 10. Saya sih masih di tahapan dasar banget Bun 😅
DeleteDulu saya paling suka pelajaran seni rupa ... Tapi sekarang malah ga bisa gambar blas.
ReplyDeleteSaya pun menyerah Bun kalau disuruh menggambar 😁
DeleteDari dulu pasti keringatan kalau pelajaran seni rupa 😅
Tahapannya itu seiring dengan usia atau gimana mbak?
ReplyDeleteJadi mulai buka-buka lagi tumpukan koleksi gambar anakku nih, hwkwkwkk...
Makasih infonya mbak Litha..
Bisa dari tahapan usia dan stimulus dalam mengembangkan kemampuan motorik atau tumbuh kembang soal menggambar ini Bun
DeleteJadi anak juga semakin berlatih semakin mahirlah ☺❤